Nadia K. Putri

Karena semua cerita punya hatinya. Cerita soal di balik layar

Pejalan kaki melintasi Terowongan Kendal, Jakarta Selatan, pada Rabu, 17 Agustus 2022. Foto: Nadia K. Putri/nadiakhadijah.com

Naik MRT dari Stasiun Sudirman, Gimana Caranya?

travel

Naik MRT dari Stasiun Sudirman, gimana caranya? Jarak stasiun MRT hanya sekitar 300 meter. Tenang, jaraknya cukup dekat kalau kamu mau naik MRT dari Stasiun Sudirman.

Sekilas cek Google Maps cara naik MRT dari Stasiun Sudirman

Google Maps selalu menjadi andalanku untuk bepergian, khususnya ketika mencari rute dan jarak dari stasiun MRT atau stasiun KRL ke tempat-tempat yang ku tuju. 

Nah ketika aku cek Google Maps, cara naik MRT dari Stasiun Sudirman cukup mudah. Dari Stasiun Sudirman, tap kartu multitrip atau kartu e-money bank

Lalu keluar dari Stasiun Sudirman, jalan kaki sedikit sekitar 200 – 300 meter melewati Terowongan Kendal atau Terowongan Dukuh Atas. Area terowongan ini cukup luas dilewati pejalan kaki. Kadang-kadang, di terowongan tersebut diadakan acara, bazaar, konser, atau pameran seni. Jadi kamu bisa mampir sebentar untuk beli camilan, nonton pameran, dan sejenisnya. 

Setelah melewati Terowongan Dukuh Atas atau Terowongan Kendal, kamu ambil jalur kanan untuk naik ke tangga yang langsung tembuh ke MRT Dukuh Atas. Tangganya persis dekat kok dengan terowongan.

Untuk lebih jelasnya, cek tangkapan layar (screenshot) Google Maps di bawah ini yaa. 

Foto: Tangkapan layar Google Maps rute naik MRT dari Stasiun Sudirman.
Foto: Tangkapan layar Google Maps rute naik MRT dari Stasiun Sudirman.

Ada apa di Terowongan Jalan Kendal? 

Berawal dari Jalan Kendal yang padat, macet, sumpek, dan gelap, kini jalan tersebut sudah ditutup dan direnovasi menjadi jalur pejalan kaki berupa terowongan. Terowongan Jalan Kendal menghubungkan Stasiun Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas, dan Stasiun BNI City. Ketiga stasiun ini cukup padat penumpangnya. 

Terutama untuk Stasiun BNI City, sejak 30 Juli 2022 stasiun tersebut sudah buka aksesnya untuk penumpang KRL. Meskipun demikian, stasiun tersebut juga masih berfungsi sebagai stasiun keberangkatan kereta api bandara. 

Terus, ada apa lagi di Terowongan Jalan Kendal? Kamu bisa baca juga di artikel Terowongan Kendal Berubah, Yuk Naik MRT Jakarta! Artikel ini pengalaman pertamaku menjajal Terowongan Kendal dan naik MRT Dukuh Atas dari tahun 2018. Kalau kuingat-ingat sih jauh berbeda seperti di foto berikut. 

Foto yang kuunggah di Instagram tahun 2019, dengan keterangan foto tahun 2018. 

Foto yang kuunggah di Instagram tahun 2022 dan kupotret pada 17 Agustus 2022 lalu. 

Bisa disimpulkan, Terowongan Jalan Kendal banyak hal menarik. Tadi aku juga sudah sempat sebutkan, terowongan ini jadi lebih inklusif karena menjadi “jembatan” antar moda transportasi sekaligus titik pertemuan yang gampang kamu temukan di Google Maps. Sehingga, untuk event-event yang diadakan di terowongan ini mudah diakses masyarakat. Salah satunya Citayam Fashion Week, ehem, tapi sudah nggak ada lagi. 

*Padahal seru buat foto-foto. 

Foto-foto di Terowongan Kendal, sulit nggak sih? 

Menurutku, nggak begitu sulit sih. Asalkan ada point of interest dan kebutuhan memotret kamu, pasti ada aja yang ketemu. Hanya saja ketika di jam sibuk (berangkat kerja atau pulang kantor), kamu mesti juggling dengan pejalan kaki yang tempo langkahnya cepat. Pastikan handheld kamu stabil supaya ketika memotret atau merekam video, hasilnya tetap stabil. 

Untuk foto yang kupotret tahun 2022, kebetulan saat itu sedang libur nasional, yakni Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia apda 17 Agustus 2022. Suasana Terowongan Kendal juga lengang, nggak terlalu ramai tapi nggak sepi-sepi sekali. 

Jadi, itulah cara naik MRT dari Stasiun Sudirman. Kamu ada rencana trip kemana dari MRT Dukuh Atas? 

1 Comments on “Naik MRT dari Stasiun Sudirman, Gimana Caranya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.