Nadia K. Putri

Karena semua cerita punya hatinya. Cerita soal di balik layar, fotografi dan gaya hidup.

5 Cat Dinding Minimalis untuk Apartemen, Kapan Ya Punya Apartemennya?

advertorial

Bercerita soal tinggal di apartemen tidak ada habisnya. Tinggal di apartemen ini butuh trik khusus memilih cat dinding minimalis, agar selalu betah dan nyaman. 

Sering saya baca artikel-artikel properti tentang rumah minimalis, warna cat minimalis, atau bahkan desain interior minimalis. Kalau dilihat di foto, rasanya seperti ingin memiliki semuanya. Habis warnanya yang menggemaskan dan kadang memanjakan mata. Boleh dong bermimpi sesekali punya apartemen? 

Nah kebetulan saya menemukan warna-warna cat dinding minimalis untuk kamar apartemen. In case kalau milenial seperti saya punya apartemen, bisa minta tolong tim renovasi untuk mengganti warna catnya. 

Ini dia warna cat dinding apartemen agar terlihat minimalis dan klimis. Cus! 

1. Putih

Warna putih simpel begini bisa nyerembet ke warna rustic. Lucu! (Photo by Daria Shevtsova from Pexels).
Warna putih simpel begini bisa nyerembet ke warna rustic. Lucu! (Photo by Daria Shevtsova from Pexels).

Iya, putih. Warna cat dinding apartemen, di mana-mana putih. Tidak tahu kenapa ya, mungkin ini warna default dan lebih fleksibel untuk mix-match dengan furnitur berwarna ngejreng. 

Setelah dibaca lagi, ternyata turunan warna putih cukup beragam. Misalnya simple white, white dove, chantily lace, dan sebagainya.

Misalnya untuk white dove, warna cat dinding apartemen minimalis ini sebenarnya warna putih yang agak beraksen cokelat. Jadi cocok dipadukan kalau furniturnya berbahan kayu. 

Sedangkan chantily lace, sama juga, warna putih. Namun kesannya tampak lebih tradisional jika dipadukan dengan furnitur vintage. Jadi ada kesan klasik begitu. 

2. Pastel

Selain terlihat modis di pakaian, warna pastel juga jadi incaran saya sebagai warna cat dinding apartemen minimalis (impian).

Warna-warna pastel dikenal lembut, menenangkan, dan kadang agak sedikit membosankan kalau keliru mix-match. Tapi percayalah, Pinterest dan Instagram cukup banyak menyediakan referensi mix-match palet warna pastel untuk interior apartemen.

Tampilan ruang tengah dengan warna pastel. (Foto: Home Designing).
Tampilan ruang tengah dengan warna pastel. (Foto: Home Designing).

Mungkin kalau tampilan ruangannya seperti ini, bakal jadi spot terfavorit sih! 

3. Toska

Ya! Warna ala biru langit atau toska ini juga termasuk wishlist saya. Eh, sebentar, toska itu mirip tidak sih dengan warna biru langit? Coba yuk diskusi di komentar ya! 

Ya begitulah, intinya kelompok warna biru muda ini membawa suasana ruangan lebih ceria, namun tetap menenangkan. 

Misalnya untuk warna kamar.. Warna toska membuat saya lebih mudah tidur. Tapi kebetulan bukan warna toska sih hehe.

Ruang tamu pakai cat toska? Tamu lebaran langsung pada betah! (Foto: Edarhome dan Pinterest).
Ruang tamu pakai cat toska? Tamu lebaran langsung pada betah! (Foto: Edarhome dan Pinterest).

Nah, untuk ruang tamu, warna toska juga membuat suasana lebih sejuk. Ya, tapi harus didukung dengan sirkulasi udara yang baik sih. 

Baca Juga: Rak Buku Minimalis Impian untuk Apartemenmu, Mau Pilih yang Mana?

4. Earthy Tone

Warna earthy tone termasuk warna fancy abis sih, parah. Jadi begini, warna-warna seperti ini cenderung natural, fleksibel, dan terinspirasi dari warna alam. Misalnya cokelat, beige, hijau rumput (?), atau warna-warna lainnya. 

Lebih lengkapnya, inilah palet warna earth tone

Diagram warna earthy tone. Kamu bisa lihat lebih jelasnya di Creative Color Schemes.
Diagram warna earthy tone. Kamu bisa lihat lebih jelasnya di Creative Color Schemes.

Kesan yang diberikan adalah hangat, ramah, bold, dan unik. Tapi kalau tim desainer interior jago dan klien tahu kebutuhan beserta karakternya, mungkin bakal cocok banget diaplikasikan sebagai warna cat dinding apartemen minimalis. 

Kalau warna monokromnya begini, dengan pencahayaan yang maksimal, mungkin lebih baik. (Foto: Contemporist.com).
Ruang tamu dengan cat earth tone juga memberi kesan mewah lho. (Photo by Jonathan Borba from Pexels).

Triknya, pastikan ruangan cukup cahaya. Jadi bayangan jatuh ke dinding lebih sedikit. Warna-warna earthy tone cenderung menghasilkan ruang gelap dan dramatis. Mungkin bakal terasa agak horor kalau salah lampu. 

5. Monokrom

Paduan warna putih, abu-abu, dan hitam ini menimbulkan kesan artistik dan elegan di ruangan. Wajar saja sih kalau monokrom juga termasuk warna fashion terfavorit beberapa tahun lalu. 

Mungkin karena paduan tiga warna ini membuat ruangan lebih fancy, tapi kadang saya agak merasa terintimidasi sih. Terlalu bold, tegas, dan agak menyeramkan. Mirip toilet di kantor magang sebuah ahensi 3 bulan lalu *eh. 

Kalau warna monokromnya begini, dengan pencahayaan yang maksimal, mungkin lebih baik. (Foto: Contemporist.com).
Kalau warna monokromnya begini, dengan pencahayaan yang maksimal, mungkin lebih baik. (Foto: Contemporist.com).

Dan sepertinya butuh penataan khusus supaya tetap ceria di dalam ruangan. Makanya warna ini saya tempatkan di nomor terakhir hehe

Triknya, mulai dari ruangan kecil. Misalnya toilet atau dapur. Pilih satu warna terang untuk dinding dan satu warna bold atau gelap untuk furnitur atau aksesorisnya.

Sepertinya cukup lima dulu untuk warna cat dinding apartemen minimalisnya. Semoga ya, semoga, bisa punya apartemen di lokasi strategis dan dekat kemana saja! Kalau misalnya ada yang jual apartemen di Tangerang atau jual apartemen di Alam Sutera, boleh dong berbagi informasinya di komentar bawah ini. 

Milenial juga bisa lah punya properti, buat berteduh. Sampai jumpa! 

Sumber: 
8 Eazy Breezy Earth Tone Palettes for Your Apartment
10 Cat Rumah Minimalis Favorit Desainer Top Dunia, Sudah Tahu Belum?

How to Pull Off a Monochromatic Room
Warna Cat Interior Apartemen untuk Mempercantik Ruangan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *